Mengenal dan Memahami kanker

Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri. Sel-sel tersebut lalu menyusup ke jaringan sekitarnya dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, serta menyerang organ-organ penting dan saraf tulang belakang.

Dalam keadaan normal, sel hanya membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang mati dan rusak. Sebaliknya, sel kanker akan terus membelah meskipun tubuh tidak memerlukannya. Akibatnya, terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal sehingga mengganggu organ yang ditempatinya.

Kanker dapat terjadi di berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh, akan mudah diketahui dan diobati. Namun, bila terjadi di dalam tubuh, kanker akan sulit diketahui dan kadang-kadang tidak memiliki gejala. Kalaupun timbul gejala, biasanya sudah mencapai stadium lanjut sehingga sulit diobati.

Perbedaan antara tumor dan kanker adalah sebagai berikut.  Ada dua macam tumor, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak hanya tumbuh dan membesar, tidak terlalu berbahaya, serta tidak menyebar ke luar jaringan. Sedangkan, tumor ganas adalah kanker yang tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali serta merusak jaringan lainnya. Dengan kata lain, kanker adalah semacam tumor ganas.

Kanker dapat tumbuh di sepanjang saluran pencernaan, dari mulut hingga anus. Semua kanker yang tumbuh di saluran cerna termasuk kanker padat sehingga operasi merupakan pilihan utama.

Kanker bukanlah suatu penyakit yang ringan. Langkah awal dalam pengobatan kanker adalah mendeteksi dengan benar bahwa gejala yang muncul pada tubuh penderita adalah benar-benar sel kanker ganas. Deteksi ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan biopsy sehingga langkah pengobatan bias dilakukan secara cepat dan tepat.

Junlah penderita kanker di Indonesia belum diketahui secara pasti, tetapi peningkatan dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah satu penyebab kemmatian. Hanya beberapa kanker yang dapat diobati saat masih stadium dini. Keberhasilan pengobatan sangat ditentukan oleh jenis kanker, stadium kanker, keadaan umum penderita, dan usaha penderita untuk sembuh.

Kanker juga bias diatasi dengan terapi pengobatan konvensional. Sayangnya, cara pengobatan ini seringkali tidak bias mengatasi kanker secara total. Di disinilah peran tanaman obat atau herbal.

Herbal berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh penderita kanker dan melokalisasi sel-sel kanker sehingga sel-sel kanker tidak mudah menyebar dan lebih mudah diangkat. Herbal juga tidak mudah menyebar dan lebih mudah diangkat. Herbal juga tidak bersifat toksik sehingga lebih aman untuk tubuh penderita. Misalnya, tanaman obat dari ekstrak keladi tikus Typhonium Flagelliforme. Dalam penggunaannya, tanaman obat ini bias dipakai bersamaan dengan pengobatan konvensional pembedahan, kemoterapi, radioterapi, dan hormonterapi atau setelah pengobatan konvensional selesai dilakukan. Obat dari ekstrak keladi tikus dapat membantu mengurangi efek pengobatan secara konvensional.

Pada penderita kanker sering mengalami kaheksi, yaitu suatu sindrom yang ditandai dengan gejala klinis berupa anoreksia, perubahan ambang rasa kecap, penurunan berat badan, anemia, gangguan metabolism karbohidrat, protein, dan lemak. Kaheksi merupakan akibat dari kanker, baik local maupun sistematis, juga merupakan komplikasi dari obat anti kanker.

Mari kita lihat salah satu gejala penyebab kaheksi, yaitu anoreksia atau hilangnya nafsu makan. Anoreksia muncul karena sel kanker menimbulkan zat metabolit, rasa cepat kenyang, perubahan rasa kecap, dan stes psikologis.

Penurunan nafsu makan pula yang menjadi factor utama terjadinya penurunan berat badan. Namun demikian, juga bias mengalami penurunan berat badan atau hipermetabolisme.

Di sisi lain, pengobatan anti-kanker (kemoterapi, radiasi, dan pembedahan) bisa mempengaruhi status nutrisi penderita merasa lebih baik. Oleh karena itu, dukungan nutrisi menjadi bagian penting dalam menunjang terapi penderita kanker.

Di bawah ini adalah beberapa pengaruh yang ditimbulkan oleh pengobatan anti-kanker terhadap status nutrisi penderita.

  1. Kemoterapi. Kemoterapi bisa menimbulkan malnutrisi dengan berbagai sebab, misalnya mual, sariawan, gangguan saluran pencernaan, dan penurunan nafsu makan. Malnutrisi akan mempengaruhi status nutrisi dan hasil dari pengobatan kemoterapi. Efek sampingnya selalu berhubungan dengan dosis, waktu terapi, jenis obat, dan respons individual.
  2. Radioterapi. Radioterapi bisa menimbulkan malnutrisi pada penderita kanker. Beratnya malnutrisi yang terjadi ditentukan oleh tempat dilakukannya radiasi. Beberapa penyebab perubahan status nutrisi akibat radiasi antara lain radiasi di kepala yang menyebabkan mual dan muntah, radiasi di kepala atau leher yang menyebabkan sulit menelan dan oseofagitis, serta radiasi abdomen atau pelvis yang menyebabkan diare, gastritis, mual, dan muntah.
  3. Pembedahan. Pembedahan tergantung dari operas yang dilakukan terhadap penderita kanker. Pembedahan merupakan terapi primer untuk penderita dengan kanker pada saluran pencernaan yang mungkin dikombinasikan dengan kemoterapi atau radiasi. Tumor yang berada di saluran pencernaan biasanya akan bermasalah pada masalah nutrisi. Beberapa contoh akibat pembedahan pada saluran cerna adalah operasi gaster yang menyebabkan penurunan absorbs vitamin B12, operasi pancreas yang menyebabkan gangguan metabolism glukosa, dan operasi kolon yang menyebabkan kehilangan air dan elektrolit.

Oleh karena itulah, terapi nutrisi menjadi penting bagi penderita kanker. Tujuannya adalah untuk mempertahankan status nutrisi, mengurangi gejala sindroma kaheksi, mencegah komplikasi, dan memenuhi kecukupan mironutrien.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: